HASIL DRAWING PIALA DUNIA 2010 AFRIKA SELATAN


Piala Dunia, Event empat tahunan yang selalu ditunggu-tunggu tidak saja oleh para Bolamania tapi juga seluruh warga dunia. Piala Dunia FIFA ke-19 ini tahun depan akan dihelat di Afrika Selatan sejak tanggal 11 Juni sampai tanggal 11 Juli 2010. Ini adalah pertama kalinya turnamen ini diselenggarakan oleh negara yang terdapat di wilayah konfederasi CAF, sehingga menyisakan OFC sebagai satu-satunya konfederasi yang belum pernah menyelenggarakan Piala Dunia FIFA.

Pada 15 Mei 2009, Komite Eksekutif FIFA di Zurich memilih dengan hasil 14 suara berbanding 10 untuk kemenangan Afrika Selatan atas Maroko. Mesir tidak mendapatkan suara. Sebelumnya pada tanggal 14 Mei 2004, Tunisia mundur setelah tidak diperbolehkan untuk menjadi tuan rumah bersama dengan Libia.

Afrika Selatan maju ke putaran final secara otomatis, selaku tuan rumah penyelenggara. Namun Af-sel juga mengikuti Babak Kualifikasi Zona Afrika karena ini juga merupakan kualifikasi untuk Piala Afrika 2010. Hal ini menjadikan mereka tim tuan rumah pertama yang berpartisipasi dalam kualifikasi sejak Piala Dunia 1934. Sang juara bertahan, Italia wajib mengikuti babak kualifikasi dan tidak mendapatakan tempat secara otomatis.

Pengundian grup dilangsungkan di Pusat Konvensi Internasional Cape Town, Afrika Selatan pada 4 Desember 2009, mulai pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 00.00 WIB. Upacara pengundian dibawakan oleh artis Afrika Selatan, Charlize theron yang didampingi oleh Sekretaris Jendral FIFA, Jerome Valcke.

Berikut merupakan ringkasan hasil drawing tersebut :

GRUP A

1. Afrika Selatan

2. Meksiko

3. Uruguay

4. Prancis

GRUP B

1. Argentina

2. Nigeria

3. Korea Selatan

4. Yunani

GRUP C

1. Inggris

2. Amerika Serikat

3. Aljazair

4. Slovenia

GRUP D

1. Jerman

2. Australia

3. Serbia

4. Ghana

GRUP E

1. Belanda

2. Denmark

3. Jepang

4. Kamerun

GRUP F

1. Italia

2. Paraguay

3. Selandia Baru

4. Slovakia

GRUP G

1. Brasil

2. Korea Utara

3. Pantai Gading

4. Portugal

GRUP H

1. Spanyol

2. Swiss

3. Honduras
4. Chile


Source: wikipedia.org

Tidak ada komentar: